Joko Purwono (Pemilik Percetakan Ideadigi) : “Astragraphia Mempunyai Sistem Purna Jual yang Cukup Bagus”

Ideadigi kini telah memiliki 15 karyawan dan terus tumbuh menjadi percetakan digital printing yang berpengaruh di Sidoarjo.

Di edisi kali ini redaksi melakukan wawancara dengan salah satu pelanggan setia Majalah Print Graphic, yaitu Bapak Joko Purwono, pemilik percetakan Ideadigi Media Pratama, Sidoarjo. Joko Purwono sendiri terlahir di Lamongan, 25 Maret 1975, Bapak dua anak ini, menceritakan bagaimana ia bisa terjun ke dunia cetak mencetak setelah lulus kuliah.

 

Layanan Purna Jual yang Bagus

Bisa diceritakan latar belakang usaha percetakan yang Bapak jalani ?

Usaha ini kami rintis di pertengahan tahun 2007 dengan bermodalkan mesin outdoor 1 unit. Dikarenakan keterbatasan modal, kami berusaha memaksimalkan mesin yang ada.

Lambat laun, pasar digital printing semakin besar, sementara masih sedikit pemain digital printing di daerah Sidoarjo saat itu, kami pun memutuskan untuk merambah pangsa pasar ke cetak indoor dengan menambahkan mesin ecosolvent. Menurut kami ini sangat cocok dengan karakter konsumen kami yang banyak mengerjakan pekerjaan indoor, permintaannya hampir menyamai outdoor.

Pada tahun 2010, banyak pemain besar digital printing masuk ke daerah kami, sehingga persaingan semakin keras. Kompetitor menawarkan pelayanan yang lengkap. Outdoor, indoor dan cetak kertas A3+. Pada masa itu kami hanya sebagai penonton untuk sektor cetak A3+, dikarenakan lagi-lagi, keterbatasan modal. Awal 2014 kami berusaha untuk ikut meramaikan pasar A3+ dengan menginstalasi mesin Fuji Xerox C75 dan untuk mesin B/W menggunakan Fuji Xerox DocuCentre II 5010. Walaupun agak terlambat, tapi kami harus mengambil kesempatan untuk masuk ke pasar cetak A3+.

Kami sangat tertolong dengan bertumbuh suburnya UKM di daerah kami sehingga pasar A3+ semakin ramai, walau dengan konsekuensi margin keuntungan jauh berkurang. Dengan bertambahnya volume cetakan yang masuk melebihi kapasitas mesin yang kami miliki, maka pada awal tahun 2017 kami menambah keluarga mesin A3+ dengan menginstalasi mesin Fuji Xerox C800i. Pada tahun yang sama kami juga menambah anggota keluarga untuk mesin B/W dengan Fuji Xerox D125.

Sidoarjo sebagai kota penyangga dan ditunjang secara jarak tidak terlalu jauh dengan Surabaya, maka kondisi bisnis cetaknya pun tidak terlalu jauh dengan Surabaya. Harga harus kompetitif, pelayanan harus cepat dan kualitas harus baik. Sehingga para pengusaha digital printing harus selalu update pada teknologi mesin terbaru, dan berkualitas.

Joko Purwono

Prospek ke depannya dan peluang marketnya?

Sebagai kota industri dan penyangga Surabaya, Sidoarjo berkembang dengan pesat mempunyai prospek yang cukup baik untuk bisnis digital printing. Mulai dibangunnya banyak apartemen dan pusat-pusat bisnis yang membutuhkan mitra untuk produksi bahan promosi yang terpercaya dari segi kualitas dan ketepatan waktu produksi.

Perkembangan kota serta kesadaran masyarakat untuk berwirausaha berdampak pada menjamurnya UKM yang selalu kreatif memasarkan produk mereka. Disini merupakan tantangan buat pemain digital printing untuk selalu berinovasi dan menjaga kualitas produk dan pelayanan.

Sepertinya anda fanatik Fuji Xerox. Apa alasan Bapak memillih mesin cetak Fuji Xerox C800i?

Dari sisi teknisnya, Fuji Xerox mempunyai brand yang cukup kuat dari segi ketahanan mesin dan kualitas hasil. Saya memilih C800i karena mempunyai karakter mesin heavy duty sehingga waktu dituntut untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang banyak dengan waktu yang singkat serta kestabilan hasil, mesin ini masih bisa diandalkan.

Dari sisi purna jualnya, Astragraphia mempunyai sistem yang cukup bagus sehingga pelayanan dalam one day service serta ketersedian partnya bisa diandalkan.

Dari sisi harga, memang cukup mahal dibandingkan dengan merk kompetitornya dan biaya produksi (klik charge) juga lebih mahal dari kompetitor. Tapi secara keseluruhan, bagi saya tidak menjadi masalah karena tertutupi dengan pelayanan serta kualitas mesin dan hasil.

Selain Fuji Xerox, bisa diuraikan mesin-mesin cetak lainnya dan mesin finishing yang telah dimiliki?

Taimes T8 Km1024, Flora KM 512i (Outdoor), Mesin Textile Direct Print Taimes TX 1800 KM512i (Textile),

Roland VS 640, Epson Surecolor S60670 (Eco solvent), dan Untuk Finishing kami, Mesin Potong Kertas Polar Mohr, Laminasi Panas 35 cm (3 Unit), Mesin Binding, Mesin Spiral, Trimer RS, Laminasi dingin manual, mesin laminasi hot & cold automatic Fayon 1,6.

Ideadigi Media Pratama

Ruko Graha Anggrek Mas Regency A38, Jl. Raya Pagerwojo, Ds. Pagerwojo, Kec. Buduran, Kab. Sidoarjo

Ideadigi1

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized by Astragraphia Document Solution. Bookmark the permalink.

About Astragraphia Document Solution

Astragraphia mengawali perjalanan bisnis pada tahun 1971 sebagai Divisi Xerox di PT Astra Internasional yang kemudian dipisahkan menjadi badan hukum sendiri pada tahun 1975. Pada tanggal 22 April 1976 Astragraphia ditunjuk secara langsung sebagai distributor ekslusif dari Fuji Xerox Co. Ltd. Jepang untuk seluruh Indonesia dengan ruang lingkup usaha sebagai penyedia perangkat perkantoran. Tahun 1989 Astragraphia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya) dengan simbol saham ASGR. Per tanggal 31 Desember 2009, 76,87% saham Astragraphia dimiliki oleh PT Astra International Tbk, dan sisanya dimiliki oleh publik. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang dinamis dan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi, sejak tahun 1990-an Astragraphia mulai merintis transformasi bisnis menjadi penyedia solusi teknologi informasi. Sejak tahun 2008 manajemen telah memantapkan ruang lingkup usaha Astragraphia sebagai penyedia bisnis berbasis teknologi informasi & komunikasi atau yang dikenal dengan sebutan ICT (Information & Communication Technology). Kantor pusat Astragraphia terletak di Jalan Kramat Raya 43, Jakarta 10450, dan memiliki 92 titik layan di 32 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s