Tips Memilih Printer Kantor (Bagian 3)

Seberapa Tinggi Kecepatan Mencetak yang Anda Butuhkan
Ketika anda mengantisipasi volume cetak, hal tersebut secara tidak langsung berkaitan dengan seberapa cepat kecepatan mesin tersebut dan seberapa kuat pemrosesan data yang dimiliki oleh sebuah printer.

Disarankan agar anda memilih printer terbaik yang memiliki spesifikasi kecepatan cetak yang baik, mungkin printer dengan spesifikasi ini tidak merefleksikan penggunaan anda. tetapi, printer yang memiliki kecepatan cetak yang baik mampu memberikan beberapa tanda mengenai tugas yang harus dicapai sebuah printer. Sebuah printer dengan kecepatan cetak dibawah 20 halaman/menit mungkin terlalu lama untuk ukuran printer kantor, dikarenakan kisaran kecepatan 20 ppm hingga 40 ppm merupakan kecepatan cetak yang standart untuk perkantoran. Dan kecepatan cetak diatas 40 ppm adalah kecepatan cetak printer untuk kantor yang membutuhkan volume cetak yang sangat tinggi.

Printer yang bergantung pada sebuah laptop atau desktop komputer umumnya tidak memiliki pengolahan gambar yang bagus. Malahan, mereka bergantung kepada komputer tersebut untuk menangani pekerjaan pengolahan itu. Untuk beberapa printer yang memiliki processornya sendiri, semakin tinggi megahertz (MHz), maka akan semakin cepat printer tersebut dapat memproses, mengolah dan mencetak suatu dokumen.

Ukuran dan banyaknya pekerjaan yang anda bebankan pada printer mampu mengindikasikan seberapa besar memori yang dimiliki oleh printer tersebut. Untuk printer kantor biasanya menggunakan memori sebesar 64 MB hingga 256 MB. Model printer yang lebih bagus memiliki slot tambahan untuk memori mesin cetak tersebut.

Pemilihan paper-handling

Dalam memilih printer kantor yang baik, perlu untuk mempertimbangkan kapabilitas paper handling-nya agar meyesuaikan dengan kebutuhan kantor anda. Dan bahkan memilih paper handling yang lebih besar dari kapasitas pekerjaan anda itu sangat dianjurkan untuk menangani pekerjaan yang mungkin berkembang di kemudian hari. Beberapa printer kantor untuk kategori entry-level biasanya memiliki standart kapasitas input yang kecil, yaitu hanya sebatas 150 halaman, yang mana hal ini terasa sangat kecil untuk perkantoran dan mungkin lebih tepat untuk sebuah grup kerja, bukan kantor. Dan hal yang paling disayangkan adalah printer kantor kategori entry-level ini tidak bisa ditambahkan lagi jumlah input kertasnya.

Untuk kategori mid-range, biasanya memiliki kapasitas input sebanyak 250 halaman dan beberapa printer memiliki slot tambahan sebagai paper-tray untuk menambahkan kapasitas input printer atau jika anda mencetak pada kertas yang memiliki ketebalan yang tinggi.

Fitur automatic duplexing adalah fitur yang penting untuk menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih printer kantor. Walaupun menggunakan fitur ini akan memperlambat kecepatan cetak sebuah printer, tetapi penghematan dan keuntungan akan mengalir kedalam kantor anda dikarenakan fitur ini mampu menghemat tinta serta waktu yang ada.

Apakah ada dokumen yang tidak bisa dicetak oleh printer anda? Beberapa printer modern saat ini dapat mencetak berbagai dokumen seperti amplop, label dan juga kartu index. Paper handling yang lurus dan panjang pada printer inkjet dan laser pada umumnya, serta manual slot feed pada beberapa printer kantor lainnya mampu membantu kita dalam mencetak dokumen-dokumen seperti ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s