Tips Memilih Printer Kantor (Bagian 2)

Semua Teknologi Bagus Tergantung Kebutuhan Masing-Masing
Dalam memilih sebuah mesin, termasuk mesin printer seperti ini, tidak bisa diukur berdasarkan teknologi yang digunakan, Karena pada dasarnya berbeda teknologi maka akan berbeda pula kegunaannya. Contohnya adalah kecepatan sebuah printer dalam mencetak juga akan mempengaruhi hasil cetak sebuah printer kantor. Jika kegiatan di kantor anda lebih sering mencetak dengan menggunakan kertas plain paper seperti folio, letter atau a4 dan mungkin kertas-kertas dokumen yang biasa terdapat gambar grafik yang minim, maka printer dengan teknologi laser monokrom atau led printer adalah printer yang sesuai dengan kebutuhan anda. Biaya cetak untuk printer jenis ini merupakan salah satu yang paling murah dari berbagai jenis printer yang tersedia di pasaran saat ini.
Printer dengan teknologi laser berwarna (LED) merupakan perkembangan dari printer laser dengan teknologi monokrom, tetapi perpindahan teknologi ini menyebabkan kecepatan cetak yang menurun, walaupun hasil cetaknya tampak lebih baik. Namun kelemahan printer dengan teknologi ini adalah biaya perawatannya yang rumit dan menghabiskan biaya cukup besar. Maka, mau tidak mau kantor yang menggunakan printer jenis ini harus meminimalisir kesalah dalam mencetak atau mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Jika hal itu tidak dapat dihindari, maka pihak kantor sendirilah yang akan dirugikan.

Beralih ke printer dengan teknologi inkjet, maka kualitas foto yang menawan adalah salah satu hal yang akan anda dapatkan. Dalam hal kecepatan dan kualitas cetak, maka printer dengan teknologi ini siap bersaing dengan printer teknologi lainnya. Kelebihan lainnya dari printer inkjet ini adalah fleksibilitas media yang dimilikinya. Beberapa model printer inkjet ini juga telah dilengkapi dengan ink-tank, atau kemampuan untuk mencetak langsung pada CD/DVD.

Printer dengan teknologi solid-ink hanya tersedia dengan merek Xerox, dari fuji Xerox Indonesia. Printer jenis ini memiliki teknologi yang unik. Cara mencetaknya yaitu dengan mencampurkan block waxlike dan menyemprotnya dengan cairan semiliquid melalui lubang kecil pada printhead langsung ke kertas yang akan dicetak. Tidak seperti cartridge tinta atau toner, ink block tidak menggunakan platik sebagai wadahnya. Kualitas hasil cetak dari printer solid-ink ini sama seperti printer photo, bahkan lebih bagus daripada hasil foto printer teknologi inkjet. Teknologi printer ini bisa anda pertimbangkan jika anda memiliki kantor yang kecil dan menginginkan kecepatan cetak yang baik seperti printer inkjet serta memiliki hasil yang bagus seperti printer laser atau LED.

Pastikan Printer Dapat Mengakomodasi Pekerjaan Kantor
Berapa banyak hasil cetak yang anda perlukan setiap harinya? Ratusan lembar? Atau ribuan lembar?
Apakah printer tersebut hanya akan anda pakai sendiri atau ada staff lain yang mengoperasikan mesin tersebut?

Berbagai pertanyaan diatas perlu anda jawab sebelum memilih printer kantor yang sesuai untuk usaha anda. Dengan menjawab pertanyaan di atas akan membantu anda terhindar dari keadaan dimana anda tidak dapat bekerja sama sekali. Mengetahui dengan detail setiap kebutuhan akan mampu mendeskripsikan tiap fitur dari printer yang anda beli.

Anda dapat mempertimbangkan memilih printer dengan teknologi laser atau inkjet ketika anda merupakan satu-satunya user yang menggunakan mesin cetak tersebut dan tidak mencetak lebih dari ratusan dokumen tiap harinya. Printer dengan tipe ini memiliki kecepatan cetak yang rendah, dan juga tidak memiliki fitur yang mewah seperti automatic duplexing, namun harganya cukup rendah. Printer pada kategori ini juga biasanya menggunakan koneksi interface USB.

Untuk printer yang digunakan oleh banyak user, menggunakan jaringan Ethernet akan lebih baik karena hal tersebut mendukung fasilitas sharing yang mudah. Anda juga dapat memilih printer yang memiliki fitur wireless agar bisa digunakan oleh banyak orang dalam 1 tim, namun printer seperti itu memiliki kecepatan dan reliabilitas yang cenderung bervariasi.

Cara mudah untuk menentukan berapa banyak volume cetak sebuah printer adalah dengan menanyakan pada diri anda sendiri mengenai kebutuhan cetak anda setiap harinya. Sebagian besar orang akan menjawab “mungkin tidak lebih dari satu kali sehari”. Pahami penggunaan kertas per harinya dan pilih printer yang memiliki standart input yang sama atau bahkan melebihi standart penggunaan keseharian anda. Akan lebih baik jika anda tetap menggunakan printer tersebut dibawah kemampuan volume cetaknya. Ketika anda melakukan hal ini, maka otomatis printer anda akan lebih awet dan tahan lama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s