Tips Agar Printer Kantor Anda Awet Dan Hemat Daya

Setiap kantor dan bisnis pasti memiliki asset atau barang-barang inventaris yang digunakan agar aktivitas bekerja jadi lebih lancar. Printer adalah salah satu alat yang digunakan oleh hampir seluruh karyawan dan berfungsi sebagai alat untuk mencetak berbagai jenis dokumen atau arsip-arsip terkait dengan kelancaran bisnis sebuah perusahaan.

Tetapi, bagaimana jika printer tersebut mengalami kendala seperti kerusakan? pastinya Anda akan membutuhkan waktu untuk memperbaiki printer tersebut dan sayangnya hal tersebut pasti akan berdampak pada kelancaran aktivitas bisnis perusahaan Anda.

Sedia payung sebelum hujan. Pepatah tersebut memang benar adanya. Pada dasarnya, mencegah hal-hal buruk terjadi dengan cara mempersiapkan langkah-langkah pencegahan (preventif) yang perlu untuk dilakukan. Terutama mengenai asset inventaris kantor dan bisnis Anda. Sebelum Anda mengeluarkan dana lebih banyak lagi Karena printer kantor anda rusak, maka ada baiknya jika Anda ikuti tips berikut ini untuk mencegah kerusakan yang mungkin saja menimpa anda.

Perhatikan Pemakaian
Banyak orang yang berpikiran bahwa semakin sering printer kantor kita dipakai, maka printer tersebut akan berpeluang rusak lebih besar. Tidak demikian, namun justru sebaliknya! Semakin jarang printer anda dipakai, maka resiko kerusakan yang terjadi akan semakin besar. Kenapa begitu? Karena tinta printer yang jarang anda pakai akan lebih cepat mengering dan menempel pada komponen penting di dalam mesin printer tersebut.

Pengisian Tinta Secepatnya
Lupa atau malas memonitor isi tinta di printer kantor bisa berdampak sangat buruk. Udara dari luar akan bisa masuk ke dalam selang pengisian tinta dan dapat mempengaruhi jalan tinta sehingga membuat tinta tidak dapat mengalir sempurna. Hasil cetak yang didapat dari printer tersebut bisa menjadi masalah karena warna yang dihasilkan tidak terlalu terang/gelap dan hasil kualitas cetak secara keseluruhan akan jauh berkurang.

Jangan pernah biarkan tinta printer Anda sampai kosong, tidak tersisa atau bahkan benar-benar habis. Segera ganti tinta printer tersebut dengan yang baru jika Anda melihat hasil cetakan sudah tidak lagi maksimal.

Matikan Printer Dengan Benar
Kesalahan terbesar dalam mematikan sebuah printer adalah dnegan langsung mencabut kabel tenaga. Hal tersebut sangat fatal dan dapat membuat head printer menjadi mudah rusak dan tidak dapat melakukan pembersihan secara menyeluruh. Tekan tombol power (on / off) adalah langkah tepat yang harus dijalankan dalam mematikan printer kantor Anda. Jika Anda mematikan printer dengan baik dan benar, maka printer memiliki kesempatan untuk membersihkan head printer dari sisa-sisa tinta yang ada.

Menjaga Kebersihan Printer
Tidak hanya bagian dalam dari printer yang harus Anda perhatikan. Namun juga kebersihan bagian luar printer juga harus dijaga. Printer adalah mesin cetak yang sensitif terhadap kotoran atau bedan-benda asing yang secara tidak sengaja masuk ke dalam mesin tersebut.

Printer sebaliknya selalu ditutup atau dibungkus rapih jika sudah selesai digunakan. Hal ini berguna agar mencegah masuknya debu-debu atau kotoran-kotoran. Paper jam atau kertas macet dapat terjadi karena masuknya benda asing ke dalam bagian area kertas.

Nah, sekilas tips di atas merupakan hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga printer tetap “sehat”. Masih banyak lagi tips-tips yang berguna dan dianjurkan untuk merawat printer, seperti tidak meletakkan kertas terlalu lama di dalam tray printer karena hal tersebut akan menyebabkan debu menumpuk di dalam area kertas dan dapat berpengaruh pada mesin printer tersebut. Jangan lupa untuk membeli printer kantor dari distributor printer terpercaya seperti astra graphia. Printer Aman Kerja pun Nyaman!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s