Mengelola Emosi di Tempat Kerja

15915612_ML02

Tekanan pekerjaan membuat Anda stress? Atau bos sering marah-marah sehingga membuat Anda bete? Itu semua sering terjadi di dunia kerja. Namun Anda bisa menghadapinya dengan rileks jika Anda bisa mengelola emosi Anda.

Jika Anda masih merasa kesulitan mengelola emosi di tempat kerja, berikut kami berikan tipsnya.

Pahami sifat atasan

Hal yang sangat penting untuk Anda agar dapat memahami atasan Anda adalah jangan pernah melakukan hal yang tidak disukai oleh bos, terutama jika mood-nya dalam keadaan kurang baik. Anda juga harus tetap bekerja dengan baik serta Anda juga harus mampu mengendalikan perilaku Anda sendiri, hal tersebut juga sangat penting untuk Anda perhatikan dengan baik. Jangan sampai malah Anda sendiri yang menyebabkan atasan Anda marah kepada Anda.

Jangan salah dalam bereaksi

Jika bos marah, Anda jangan pernah menanggapinya dengan cara yang sama. Berbicaralah dengan cara yang baik serta belajarlah untuk terbuka dengan atasan Anda. Mungkin hal tersebut akan sedikit sulit untuk dilakukan, akan tetapi Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu titik permasalahan tersebut dengan jelas. Dengan Anda berbicara terbuka, tensi kemarahan bisa menurun serta solusi bisa saja diperoleh.

Ajak bicara bos Anda

Ketika kemarahan serta perselisihan tengah terjadi karena beda pendapat, Anda harus memastikan bahwa Anda dapat mengajak bicara bos Anda tersebut dengan cara yang baik. Anda bisa menunjukan data-data serta statistik yang jelas terkait pendapat Anda. Mungkin saja emosi tersebut terjadi ketika seseoarng tersebut terlalu cepat menyimpulkan tanpa mereka mengetahui data-data tersebut secara detail.

Pastikan target tercapai

Anda harus dapat menargetkan suatu hal dengan pasti serta benar, serta pastikanlah bahwa target tersebut dapat Anda penuhi sesuai dengan rencana awal Anda. Dan jika bos Anda marah, itu bisa saja karena kesalahan Anda sendiri dalam bekerja. Agar terhindar dari kemarahan bos, Anda harus sebisa mungkin meningkatkan performa keja Anda. Selain itu Anda juga harus membuat target yang tepat serta berusaha untuk dapat memenuhinya.

Advertisements
This entry was posted in Profesi, Tips Kantor by Astragraphia Document Solution. Bookmark the permalink.

About Astragraphia Document Solution

Astragraphia mengawali perjalanan bisnis pada tahun 1971 sebagai Divisi Xerox di PT Astra Internasional yang kemudian dipisahkan menjadi badan hukum sendiri pada tahun 1975. Pada tanggal 22 April 1976 Astragraphia ditunjuk secara langsung sebagai distributor ekslusif dari Fuji Xerox Co. Ltd. Jepang untuk seluruh Indonesia dengan ruang lingkup usaha sebagai penyedia perangkat perkantoran. Tahun 1989 Astragraphia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya) dengan simbol saham ASGR. Per tanggal 31 Desember 2009, 76,87% saham Astragraphia dimiliki oleh PT Astra International Tbk, dan sisanya dimiliki oleh publik. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang dinamis dan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi, sejak tahun 1990-an Astragraphia mulai merintis transformasi bisnis menjadi penyedia solusi teknologi informasi. Sejak tahun 2008 manajemen telah memantapkan ruang lingkup usaha Astragraphia sebagai penyedia bisnis berbasis teknologi informasi & komunikasi atau yang dikenal dengan sebutan ICT (Information & Communication Technology). Kantor pusat Astragraphia terletak di Jalan Kramat Raya 43, Jakarta 10450, dan memiliki 92 titik layan di 32 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s