Solusi Dokumen Bagi Pekerja Generasi Digital

FUJIXEROX 02

Masih ingatkah Anda dengan pengklasifikasian perilaku seseorang sesuai dengan zamannya? Dari pengklasifikasian ini kita mengenal adanya generasi baby boomer, generasi X, generasi Y, generasi Z, dan sebagainya. Nah, ternyata era sekarang, pekerja didominasi generasi Y atau yang dikenal dengan generasi milenium/generasi digital.

Ungkapan Generasi Y itu mulai dipakai pada editorial koran besar di Amerika Serikat pada Agustus 1993. Hal ini lahirnya perubahan perilaku pada orang-orang yang lahir setelah 1980. Ciri-ciri generasi Y ini berbeda-beda, tergantung tempat mereka dibesarkan. Namun secara umum, mereka terlahir untuk mempunyai kecakapan dalam mempelajari komunikasi, media, dan teknologi digital. Ciri lainnya adalah, mereka cenderung multitasking dan kompetitif.

Lalu apa kaitannya dengan dunia kerja? Ternyata generasi digital bisa mengubah banyak hal. Mereka sudah terbiasa bekerja dengan cara dan gaya mereka sendiri. Contoh paling mudah adalah generasi digital sudah terbiasa berinteraksi dengan orang lain melalui situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Jadi ketika perusahaan membatasi akses ke jejaring sosial, hanya akan menimbulkan resistensi dari generasi digital ini.

Contoh lain adalah mereka sudah memiliki preferensi sendiri dalam menggunakan alat kerja. Mereka tidak mau dikekang dengan alat kerja standar yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Generasi digital tidak ingin dibatasi, baik dari segi kreativitas maupun fisik. Ruang kerja kubikal akan membuat mereka stress. Mereka lebih suka bebas, bekerja dari pantry, ruang meeting, kafe, bahkan dari rumah.

Hadirnya gadget dengan teknologi canggih memungkinkan untuk ini. Orang bisa bekerja di mana saja, tak terikat dengan batasan ruangan. Mereka bisa memanfaatkan mobile gadget untuk mengolah kata dan data. Dengan gadget yang ringan dan praktis di bawa kemana-mana, generasi digital ini kerap bekerja di luar ruangannya untuk mencari suasana yang mereka anggap nyaman.

Tentu menjadi kendala jika mereka membutuhkan dokumen yang harus dicetak, sementara posisi mereka berada jauh dari printer. Kini isu tersebut bukan masalah lagi. Fuji Xerox telah menghadirkan perangkat digital multifungsi ApeosPort-V dan DocuCentre-V.  Perangkat terbaru ini sangat tepat bagi mobile workers yang menjadi ciri generasi digital.

Dengan perangkat ini, pengguna bisa mencetak dokumen langsung dari mobile gadget mereka tanpa harus memindahkannya ke media lain. Dengan fitur mobile printing, pengguna bisa mencetak dokumen dari mana saja, bahkan saat pengguna dalam perjalanan meeting.  Cara ini tentu mendukung konsep perkantoran yang semakin dinamis dalam menghasilkan pekerjaan yang efisien dan efektif.

Fitur-fitur terbaru Fuji Xerox ApeosPort-V dan DocuCentre-V bisa dilihat dalam video ini:

oleh: documentsolution

Advertisements
This entry was posted in Produk, teknologi, Tips Kantor and tagged , , , , , , , , , , , , by Astragraphia Document Solution. Bookmark the permalink.

About Astragraphia Document Solution

Astragraphia mengawali perjalanan bisnis pada tahun 1971 sebagai Divisi Xerox di PT Astra Internasional yang kemudian dipisahkan menjadi badan hukum sendiri pada tahun 1975. Pada tanggal 22 April 1976 Astragraphia ditunjuk secara langsung sebagai distributor ekslusif dari Fuji Xerox Co. Ltd. Jepang untuk seluruh Indonesia dengan ruang lingkup usaha sebagai penyedia perangkat perkantoran. Tahun 1989 Astragraphia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya) dengan simbol saham ASGR. Per tanggal 31 Desember 2009, 76,87% saham Astragraphia dimiliki oleh PT Astra International Tbk, dan sisanya dimiliki oleh publik. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang dinamis dan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi, sejak tahun 1990-an Astragraphia mulai merintis transformasi bisnis menjadi penyedia solusi teknologi informasi. Sejak tahun 2008 manajemen telah memantapkan ruang lingkup usaha Astragraphia sebagai penyedia bisnis berbasis teknologi informasi & komunikasi atau yang dikenal dengan sebutan ICT (Information & Communication Technology). Kantor pusat Astragraphia terletak di Jalan Kramat Raya 43, Jakarta 10450, dan memiliki 92 titik layan di 32 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s