Tak Hanya Mesin Fotokopi, Fuji Xerox Kini Bertransformasi ke Solusi Dokumen

075428_xerox2

Tokyo -Perkembangan era digital membuat perusahaan pembuat mesin fotokopi besar asal Jepang Fuji Xerox bertransformasi. Mereka masih tetap memproduksi mesin fotokopi dan printer, tapi fokusnya kini ke solusi dokumen.

Presiden Direktur Fuji Xerox Co. Ltd. Tadahito Yamamoto menyatakan, sejak dia memimpin perusahaan itu pada tahun 2007, perusahaan itu punya semangat baru. Ada jargon yang membawa perusahaan ke jenjang yang juga baru.

“Kami menyatakan, kami sudah lulus dari (mesin) fotokopi. Kami bergeser menjadi partner konsumen dalam bidang layanan dokumen dan komunikasi,” kata Yamamoto kepada wartawan di kantor pusat Fuji Xerox di Tokyo, Jepang, Kamis (31/10/2013).

Solusi dokumen yang dimaksud, mulai dari jasa dan pembuatan perangkat lunak, hingga manajemen dokumen. Perusahaan ini juga menggagas penyediaan informasi audio untuk turis yang berbasis Global Positioning System (GPS).

Kendati menggeber produk dalam bidang jasa solusi dokumen, mesin fotokopi dan printer tetap menjadi penyumbang utama penghasilan Fuji Xerox. Tetapi dominasinya sudah berkurang.

Pada tahun 2007, mesin fotokopi dan printer all in one terbaik menyumbang sebesar 72% penghasilan dari total penjualan Fuji Xerox. Jumlah itu menurun hingga menjadi 64% pada tahun 2012. Sementara sektor layanan dokumen justru tumbuh dari 20% menjadi 27%. Persentase ini diharapkan akan mencapai angka 30 persen ketika tutup tahun 2013 nanti.

Dengan semua inovasi bisnis di bidang jasa layanan dokumen, Fuji Xerox berhasil membukukan penghasilan sebesar 1.024 miliar Yen pada tahun 2012. Dari dari jumlah itu dihasilkan profit sebesar 52,4 miliar Yen.

oleh: documentsolution

Advertisements
This entry was posted in Produk, teknologi and tagged , , by Astragraphia Document Solution. Bookmark the permalink.

About Astragraphia Document Solution

Astragraphia mengawali perjalanan bisnis pada tahun 1971 sebagai Divisi Xerox di PT Astra Internasional yang kemudian dipisahkan menjadi badan hukum sendiri pada tahun 1975. Pada tanggal 22 April 1976 Astragraphia ditunjuk secara langsung sebagai distributor ekslusif dari Fuji Xerox Co. Ltd. Jepang untuk seluruh Indonesia dengan ruang lingkup usaha sebagai penyedia perangkat perkantoran. Tahun 1989 Astragraphia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya) dengan simbol saham ASGR. Per tanggal 31 Desember 2009, 76,87% saham Astragraphia dimiliki oleh PT Astra International Tbk, dan sisanya dimiliki oleh publik. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang dinamis dan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi, sejak tahun 1990-an Astragraphia mulai merintis transformasi bisnis menjadi penyedia solusi teknologi informasi. Sejak tahun 2008 manajemen telah memantapkan ruang lingkup usaha Astragraphia sebagai penyedia bisnis berbasis teknologi informasi & komunikasi atau yang dikenal dengan sebutan ICT (Information & Communication Technology). Kantor pusat Astragraphia terletak di Jalan Kramat Raya 43, Jakarta 10450, dan memiliki 92 titik layan di 32 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

5 thoughts on “Tak Hanya Mesin Fotokopi, Fuji Xerox Kini Bertransformasi ke Solusi Dokumen

  1. Pingback: Langkah Nyata Fuji Xerox Terhadap Keseimbangan Alam | Astragraphia Blog

  2. Pingback: Dukungan Penuh Astra Graphia Terhadap Teknologi Cloud Computing | Astragraphia Blog

  3. Pingback: Fuji Xerox Rilis Printer Terkecil untuk Cetak Tabloid | Astragraphia Blog

  4. Pingback: Kikitabi, Pemandu Wisata Digital ala FujiXerox | Astragraphia Blog

  5. Pingback: Si Hemat yang Multifungsi | Astragraphia Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s