Kikitabi, Pemandu Wisata Digital ala FujiXerox

kikitabi460

Tokyo Fuji Xerox yang dikenal sebagai produsen printer, pun melirik bisnis pariwisata untuk pengembangan usahanya. Perusahaan asal Jepang ini membuat perangkat audio guide service yang berbasis GPS untuk para turis.

Perangkat yang dimodifikasi dari smartphone ini dinamakan Kikitabi, bahasa Jepang yang maknanya lebih kurang sama dengan tour guide atau pemandu wisata. Alat ini menyediakan layanan informasi suara di lokasi wisata untuk para turis, tak ubahnya seperti pemandu wisata pribadi.

“Alat ini sudah diluncurkan di Jepang, dan menyusul Hong Kong dan Singapura pada tahun 2014,” kata Yasuaki Onishi, Executive GM of Corporate Research & Technology Group, Fuji Xerox Co. Ltd saat ujicoba perangkat tersebut di hadapan wartawan termasuk detikINET di Tokyo, Jepang awal November lalu.

Kikitabi sendiri berupa handphone pintar model Android yang dipasangi program khusus sehingga dapat terhubung dengan layanan cloud Fuji Xerox. Jadi begitu alat tersebut mendekati satu titik tertentu yang sudah ditandai, maka Kikitabi akan mengirim informasi GPS ke server, berikutnya data dikembalikan ke Kikitabi dalam bentuk suara, dengan pilihan bahasa China, Jepang dan Inggris.

Di Jepang, alat itu sudah dipergunakan di Kamakura, salah satu lokasi wisata favorit turis di Kanagawa, Jepang. Pengelola wisata menyewa alat dan program itu dari Fuji Xerox, lantas disewakan lagi ke turis dengan tarif tertentu.

Jadi turis tinggal menyalakan Kikitabi dengan menekan tombol, lantas 75 detik berikutnya alat itu sudah terkoneksi dengan GPS yang diketahui dengan munculnya angka koordinat di layar, dan baterainya akan menyala selama 4 jam.

Berikutnya turis bisa berkeliling sendirian sambil mendengar informasi yang diberikan alat yang idealnya digantungkan di leher tersebut. Turis akan terus mendapat informasi tentang bangunan kuno, toko, hingga pohon khas yang ada di lokasi wisata itu, selama dia mendekat ke titik itu. Jika tidak ada info, maka alat itu otomatis diam atau bisa mendengarkan instrumentalia.

Ke depan, teknologi besutan divisi SkyDesk Media Switch Fuji Xerox ini akan terus dikembangkan sehingga dapat menjadi aplikasi yang mudah didownload dan dipergunakan di handphone pintar.

Cakupannya pun tak hanya untuk turis, tapi perorangan maupun lembaga yang membutuhkan informasi secara audio maupun teks serta gambar yang disediakan Fuji Xerox dari Kikitabi sepanjang perjalanan dari satu titik ke titik lainnya di muka bumi.

oleh: documentsolution

Advertisements
This entry was posted in Produk, teknologi and tagged , , , , , by Astragraphia Document Solution. Bookmark the permalink.

About Astragraphia Document Solution

Astragraphia mengawali perjalanan bisnis pada tahun 1971 sebagai Divisi Xerox di PT Astra Internasional yang kemudian dipisahkan menjadi badan hukum sendiri pada tahun 1975. Pada tanggal 22 April 1976 Astragraphia ditunjuk secara langsung sebagai distributor ekslusif dari Fuji Xerox Co. Ltd. Jepang untuk seluruh Indonesia dengan ruang lingkup usaha sebagai penyedia perangkat perkantoran. Tahun 1989 Astragraphia mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya) dengan simbol saham ASGR. Per tanggal 31 Desember 2009, 76,87% saham Astragraphia dimiliki oleh PT Astra International Tbk, dan sisanya dimiliki oleh publik. Sejalan dengan tuntutan kebutuhan pelanggan yang dinamis dan perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi, sejak tahun 1990-an Astragraphia mulai merintis transformasi bisnis menjadi penyedia solusi teknologi informasi. Sejak tahun 2008 manajemen telah memantapkan ruang lingkup usaha Astragraphia sebagai penyedia bisnis berbasis teknologi informasi & komunikasi atau yang dikenal dengan sebutan ICT (Information & Communication Technology). Kantor pusat Astragraphia terletak di Jalan Kramat Raya 43, Jakarta 10450, dan memiliki 92 titik layan di 32 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

3 thoughts on “Kikitabi, Pemandu Wisata Digital ala FujiXerox

  1. Pingback: Langkah Nyata Fuji Xerox Terhadap Keseimbangan Alam | Astragraphia Blog

  2. Pingback: Tak Hanya Mesin Fotokopi, Fuji Xerox Kini Bertransformasi ke Solusi Dokumen | Astragraphia Blog

  3. Pingback: Fuji Xerox Rilis Printer Terkecil untuk Cetak Tabloid | Astragraphia Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s